Cara mengubah icon flashdisk tanpa ribet

Cara  mengubah icon flashdisk (Autorun)

File autorun.inf pada dasarnya adalah sebuah file teks biasa yang bisa dibuka dengan berbagai aplikasi teks editor seperti Notepad. Walau demikian, file autorun.inf adalah kunci penting untuk menjalankan aplikasi secara otomatis ketika flashdisk dipasang pada USB.

Struktur file autorun.inf selalu diawali dengan header [autorun] dan dibawahnya berisikan berbagai pilihan dengan Format:

option=value

Dimana option adalah pilihan yang digunakan dan value adalah nilai setting dari option. Untuk memahami option=value tersebut, misalnya kita akan membuat ikon untuk flashdisk yang kita gunakan. Dimana option-nya adalah icon. Sedangkan value atau isi dari perintah icon adalah nama file icon tersebut.

Sebelum meneruskan cara mengubah ikon pada flashdisk. Kita lihat dulu secara default bentuk icon flashdisk adalah berupa gambar hardisk
Cara mengubah icon flashdisk









Sekarang kita akan memodifikasi ikon tersebut. Misalnya, carilah terleih dahulu file dengan ekstensi *.ico. Sebagai contoh disini saya memiliki sebuah file barca.ico Maka bentuk perintah atau kode yang diketikkan adalah :

icon=barca.ico

Letakkan file barca.ico pada root flashdisk , tidak dalam sebuah folder. Selanjutnya barulah kita membuat File autorun.inf dengan menggunakan Notepad, lalu ketikkan script berikut ini:

[autorun]
icon=barca.ico
Cara mengubah icon flashdisk

Maukkan pula File autorun.inf kedalam flashdisk, pada lokasi yang sama dengan file *.ico.

Cara mengubah icon flashdisk

Untuk melihat hasilnya, Eject flashdisk terlebih dahulu kemudian tancap kembali pada port USB. Kini flashdisk anda mempunyai sebuah icon.

Cara mengubah icon flashdisk

Untuk menerapkan icon pada sebuah flashdiksk tidak hanya berlaku pada file *ico saja, tapi juga bisa untuk file eksekusi (EXE). Misalnya anda mengetik:

icon=barca.exe

Pada beberapa file terdapat koleksi icon di dalamnya, misalnya dile DLL Jadi Anda juga bisa memlih icon dengan memasukkan perintah:

icon=namafile.dll,2

perintah di atas akan menggunakan nama file.dll dan memilih jenis icon kedua yang terdapat dalam file namafile.dll tersebut.

Selain membuat icon, kita juga bisa membuat label atau nama sebuah flashdisk dengan manipulasi autorun.inf berikutnya. perintah yang diketik yaitu:

label=NamaLabel

Sekarang setiap kalia anda memasang flashdisk maka yang muncul bukan lagi tulisan Removable Disk, melainkan sesuai  dengan label yang anda buat dalam Notepad.

Anda juga di izinkan untuk menggabungkan beberapa perintah sekaligus dalam file autorun.inf tersebut. Misalnya kita akan menggabungkan label dengan icon. Seperti gambar di bawah ini:

Cara mengubah icon flashdisk
Perintahnya adalah:

[autorun]
icon=barca.ico
label=BREWMASTER

Cara mengubah icon flashdisk 
 


0 komentar:

Post a Comment