Sharing Perkembangan Ilmu Teknologi

Sejarah dan perkembangan komputer

Sejarah komputer dan perkembangannya

Pengertian komputer menurut para ahli adalah sekumpulan alat elektronik dimana satu dengan yang lainnya saling bekerja sama terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan menerima dan mengolah data (input) tersebut dengan menghasilkan informasi (output).

Secara luas komputer dapat didefisinikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan komponen yang lainnya untuk menghasilkan seuatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen-komponen komputer seperti Monitor, CPU, Keyboard, Mouse.

sejarah dan perkembangan komputer

Pasa saat ini, komputer sudah semakin canggih. sedangkan komputer dulu tidak secanggih, tidak mudah dibawa kemana-mana (laptop), juga tidak sekecil dan sekeren komputer yang sekarang. Menurut sejarah, komputer terbagi menjadi 5 Generasi dalam perkembangannya.

Komputer generasi pertama

Terjadinya perang dunia kedua, khususnya negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk meningkatkan potensi strategis yang dimiliki komputer. Sehingga hal ini meningkatkan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan komputer tersendiri. Seorang insinyur jermam bernama Konrad Zuse, membangun sebuah komputer, Z3, untuk membangun sebuah pesawat terbang peluru kendali pada tahun 1941.

Atas kejadian tersebut pihak sekutu juga tidak mau kalah, mereka membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, Inggris memecah kode rahasia yang dinamakan Colussus bertujuan untuk memecah kode rahasia yang digunakan oleh jerman. Akan tetapi pembuatan Colussus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan komputer, dikarenakan Colussus bukan merupakan komputer serbaguna, melainka didesain hanya untuk memecah kode rahasia. Selain itu keberadaan perkembangannya dirahasiakan sampai satu dekade perang berakhir.

sejarah dan perkembangan komputer

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Dimana seorang insinyur Hoard H. Aiken (1900-1973) yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengan lapangan sepak bola dan memiliki rentangan kabel sepanjang 500 mil.

The Harvard-IBM Automatic Scuence Controlled Calculator atau Mark 1, merupakan relai elektronik yang menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komputer mekanik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat jika debandingkan dengan sekarang yaitu, membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan. Selain itu kalkulator ini juga tidak fleksibel.

Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Elektronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang dibuat oleh kerjasama antara Amerika Serikat dan University of Vennsylvania terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder. Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkomsumsi daya sebesar 160 Kw. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serba guna (General porpose komputer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mark 1.

Pada tahun 1940, John  Neumann (1903-1957) bekerja sama dengan University of Vennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga pada 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. John Neumann mendesain  Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

Kunci utama arsiteknur dari John Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui suatu sumber tunggal. Pada tahun 1951, UNIVAC (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memafaatkan model arsitektur John Neumann tersebut.

Dengan demikian komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk sesuatu tugas tertentu. Stiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut sebagai Bahasa mesin atau "Machine language". Ciri-ciri lain dari komputer generasi pertama adalah "Tube vakum" yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar dan Slinder magnetik untuk menyimpan data.

Komputer generasi kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum televisi, radio, dan komputer yang menyebabkan perubahan ukuran alat-alat elektrik tersebur drastis.

Penemuan lain berupapenemuan memory anti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, dan dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibandingkan dengan pendahulunya. Mesin pertama yang mengandalkan teknologi ini adalah Superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama strectch dan Seprery-Rand membuat koputer LARC. Komputer-komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan kompetasi bisnis. sehingga membatasi kepulerannya.

Pada tahun 1960 muncul generasi komputer kedua yang sukses dibidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini sepenuhnya menggunakan transistor dan juga dapat diasosiasikan dengan komputer saat ini seperti printer, sistem operasi, penyimpanan dalam disket, memory, dan program. 

sejarah dan perkembangan komputer

Contoh komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima luas dikalangan industri. Pada tahun 1965 hampir seluruh kalangan industri menggunakan komputer generasi keduai ini untuk memproses imformasi keuangan.

Program yang tersimpan dalam komputer dan bahasa pemograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dari komputer dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan kinerja ini komputer dapat melacetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk untuk menghitung daftar gaji.

Komputer generasi ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal menggunakan vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar dan dapat berpotensi merusak bagina-bagian internal pada komputer. Akhirnya seorang insinyur di Texas Instrument mengembangkan sirkuit terigrasi (IC-Integrate circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalamsebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kaursa.

sejarah dan perkembangan komputer

Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen kedalam satu chip tunggal yang disebut Semikonduktor dan komputer akhirnya menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Pengembangan lain pada komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (Operational System) yang memungkin komputer untuk menjalahkan berbagai perogram yang berbeda secara serentak dengan program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memoy komputer.

Komputer generasi keempat

Sejarah komputer generasi keempat, beberapa ciri dari generasi ini di anatarnya:
  1. Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan processor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh intel ( intel 8080 ).
  2. Mulai digunakannya LSI ( Large Scale Intergartion ) yang merupakan pemadatan beribu ribu IC ( Integrated Circuit ) dalam sebuah chip. kemudian dikembangkan menjadi VLSI ( Very Large Scale Integration ).
  3. Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI ( Graphical User Interface ). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.

Adapun contoh komputer generasi keempat ini diantaranya:

Apple II

sejarah dan perkembangan komputer


Apple II yang dikembangkan oleh Steven Jobs dan Steven Wozniak seperti gambar diatas yang merupakan karya mereka berdua.

IBM PC

sejarah dan perkembangan komputer



IBM PC dengan kompatibelnya yang diproduksi massal oleh berbagai perusahaan sehingga komputer micro memasyarakat saat ini. IBM PC terus berkembang mulai dari IBM PC/XT, IBM PC/386, IBM PC /486 menggunakan micro processor intel 8088, 80286, 80386, 80486, selanjutnya menjadi seri intel pentium. Yang memproduksi microprocessor selain perusahaan intel, ada juga perusahaan AMD ( Advanced Micro Devices ).



Komputer generasi kelima 

Sejarah komputer generasi kelima dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini diantaranya:


  • Di jepang didirikan ICOT ( Institute for new Computer Technology ) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (Intelligent, Imagination, dan Intution) dengan natural language ( bahasa sehari hari ). 

0 komentar:

Post a Comment