Cara memperbaiki dan mencegah virus masuk dari flashdisk

Mencegah virus masuk dari flashdisk

Salah satu sumber penyebaran virus adalah dari flashdisk, apalagi jika anda sering bertukar flashdisk antar komputer. Jangan sampai anda menggunakan flashdisk sebagai penyebar virus. karena virus merupakan suatu yang sangat menjengkelkan bagi komputer dan dapat membuat komputer menjadi lemot dan bahkan sampai error.

contoh memperbaiki virus masuk ke flashdisk


Cara kerja virus masuk ke dalam sebuah hardisk adalah dikarenakan adanya aktifitas fasilitas autorun. Sewaktu anda memasang flashdisk, maka fitur autorun akan menjalan berbagai program secara otomatis. Untuk mematikan autorun supaya tidak jalan pada komputer anda, masuklah kedalam control panel. Dalam jendela kerja control panel, klik icon Autoplay.

Pengaturan autoplay akan tampil. Hilangkan tanda centang pada bagian Use Autoplay for all media and device. Setelah selesai, klik tombol Save.

 

Mencabut flashdisk yang tidak bisa di eject

Supaya sebuah flashdisk awet, sangat disarankan untuk mengklik eject pada sebuah drive flashdisk sebelum mencopotnya dari port USB.


Setelah muncul pesan Safe to remove hardware, baruah anda melepas flashdisk.


Terkadang pada beberapa kasus flashdisk tidak bisa di-Eject dengan tampilan pesan seperti dibawah ini.


Kebanyakan orang akan melakukan main cabut paksa pada kasus flashdisk yang membandel sepeti ini. Tindakan main cabut inilah awal kebanyakan file menjadi corrupt atau rusak. Bahkan jika hal ini sering terjadi dan dilakukan, maka cepat lambat flashdisk anda akan error dan rusak.

Hal ini terjadi dikarenakan adanya program portable maupun file yang tersimpan dalam flashdisk sedang di akses oleh sebuah program. Supaya fitur eject bisa aktif kembali, bukalah Task manager dengan cara menekan kombinasi keyboard Ctrl+Shift+Esk. 

Setelah jendela kerja task manager tampil, pada tab Processes dan carilah program yang sedang diakses oleh flashdisk.


Setelah ditentukan, klik tombol End task atau End process. Akan muncul dialog yang menanyakan apakah anda ingin menutup program tersebut, klik saja tombol End process.

Setelah program tersebut tertutup, barulah anda bisa melakukan proses eject kembali. Apabila cara diatas masih tetap membandel dan tetap tidak mau di eject baik-baik. cara berikutnya adalah mungkin anda sebaiknya membutuhkan bantuan program USB Safely remove.

Memperbaiki flashsdisk yang selalu minta scan.

Salah satu error yang sering terjadi pada sebuah flashdisk adalah permintaan scan setiap kali flashdisk dipasang pada USB.
Contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.


Untuk mempercepat pemakaian flashdisk, biasanya orang akan meng klik Continue without scanning. Cara pertama yang bisa anda tempuh untuk memperbaikinya adalah mengklik Scan and fix (recommended).

Apabila kasus diatas masih muncul, anda bisa menggunakan Command Prompt untuk memperbaikinya. Dalam jendela Command Prompt, ketik saja

chkdsk drive: /f.

Untuk drive, silahkan anda ganti sendiri dengan huruf drive yang  digunakan pada komputer anda. Sebagai contoh , flashdisk yang saya pasang menggunakan drive I: Sehingga perintahnya adalah:

chkdsk I: /f

Kemudian tunggulah proses perbaikan dilakukan sampai selesai. Setelah selesai, anda bisa mencoba melepas flashdisk dan memasangnya kembali untuk melihat hasilnya.

Semoga berhasil :)

Apabila anda menemukan kesalahan dalam trik, silahkan berikan pertanyaan atau komentar dengan baik dibawah.

0 komentar:

Post a Comment