Sejarah awal munculnya hacker di dunia

Sejarah awal munculnya hacker dan perkembangannya

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, menguasai dan masuk kedalam komputer/jaringan komputer baik itu untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.


Trimonologi atau sejarah munculnya hacker terjadi pada tahun 1960 diantara para anggota mahasiswa TRMC (Tech model railroad club) di laboratorium kecerdasan artifisial Massachusetts institute of tecnology (MIT) salah satu perintis perkembangan teknologi komputer. Kata  hacker awalnya muncul sebagai arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memeliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer lebih baik dari yang dirancang bersama.

Kemudian istilah hacker berubah menjadi negatif pada tahun 1983, karena pada tahun tersebut FBI menangkap sejumlah kelompok kriminal komputer the 414s yang berbasis milwaukee AS, dimana 414 adalah kode area lokal mereka. Kelompok yang disebut sebagai hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik pusat kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. 1 Kelompok mendapatkan kekebalan karena testmonialnya, sedangkan 5 orang lainnya mendapat hukuman masa percobaan.

Kemudian pada perkembangan  berikutnya muncul kelompok kelompok lain yang menyebutkan dirinya sebagai hacker, padahal mereka bukan hacker. Mereka adalah para peria dewasa yang mendapat kepuasan dalam membobol komputer dan telepon (Phreaking). Hacker sejati menyebutnya sebagai "Cracker". Hacker sejati juga menyebut mereka sebagai orang yang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak cerdas. Dan hacker sejadi tidak setuju jika kelompok ini disebut sebagai hacker karena kelakuannya hanya menerobos keamanan.


Para hacker melakukan pertemuan sekali setahu pada pertengahan bulan juli Di Las Vegas. ajang pertemuan hacker di dunia disebut sebagai "Def Con". Acara Def Con tersebut merupakan ajang pertemuan dan pertukaran imformasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking.

Hacker memiliki konositasi negatif karena kesalah pahaman masyarakat dalam membedakan antara Hacker dengan Cracker. Banyak orang yang menganggap bahwa hackernya yang mengakibatkan kerugian pada pihak tertentu seperti, mengubah tampilan situs web (Defacing), menyisipkan kode kode virus dan lain sebagainya. Padahal mereka adalah Cracker. Crackerlah yang menggunakan yang mengunakan celah celah kemanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (Bug), untuk merusak suatu sistem. Atas alasan ini biasanya para hacker dipahami dibagi menjadi 2 golongan yaitu White hat hacker (Hacker yang sebenarnya) dan Cracker dalam istilah ini disebut sebagai Black hat.


Dari keterangan diatas jelas bahwa perbedaan antara Blackhat haker dan Whitehat hacker sangat beda jauh jika dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh hacker dan cracker ini. Untuk lebih mengetahui perbedaan antara Blackhat hacker dan Whitehat hacker, silahkan baca artikel dibawah ini.

Perbedaan antara Black hat hacker dan White hat hacker

White hat hacker adalah istilah teknologi imformasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yang menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih mempokoskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana ini bertentangan dengan aksi Blackhat yang mempokuskan aksinya dalam memerobos dan membobol sistem tersebut.

Black hat hacker adalah istilah teknologi imformasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos sistem tanpa meminta ijin yang pada umumnya untuk mengakses komputer komputer yang terkoneksi pada jaringan tersebut. Dalam arti ini istilah Cracker diajukan oleh Ricard Stallman untuk mengaju kepada peretas.

Nah, itulah ulasan mengenai Sejarah awal munculnya hacker di dunia.

2 komentar:

Post a Comment